5 Wilayah Insuler di Amerika Serikat

Berkaitan dengan Hari Kemerdekaan Amerika Serikat pada 4 Juli besok, mungkin tak banyak orang yang tahu, bahwa Amerika Serikat (AS) bukan hanya terdiri dari 51 negara bagian, ada juga wilayah insuler. Wilayah insuler adalah teritori AS yang bukan merupakan bagian salah satu negara bagian maupun Distrik Columbia (distrik federal AS). Seringkali penduduk wilayah insuler disebut sebagai warga negara AS, walau mereka tak membayar pajak federal AS, tidak bisa berpartisipasi dalam Pemilu Presiden AS, atau emilih anggota untuk Kongres Amerika Serikat. Tapi barang yang diproduksi di daerah insuler AS bisa dilabeli “Made in the USA”. Berikut adalah 5 wilayah insuler Amerika Serikat:

1. Puerto Rico
Puerto Rico adalah sebuah wilayah tak berhubungan milik Amerika Serikat yang terletak di Timur Laut Laut Karibia, bagian timur Republik Dominika dan barat antara Kepulauan Virgin Amerika Serikat dan Kepulauan Virgin Inggris. Puerto Rico terdiri dari pulau utama dan sejumlah pulau kecil, yang terbesar adalah Vieques, Culebra, dan Mona. Karena lokasinya, Puerto Rico menikmati iklim tropis dan juga secara berkala dihantam musim badai Atlantik. Awalnya dihuni selama berabad-abad oleh masyarakat asli setempat yang dikenal sebagai Tainos, pulau itu diklaim oleh Christopher Columbus untuk Spanyol selama pelayaran kedua ke Amerika. Di bawah kekuasaan Spanyol, pulau itu dijajah dan penduduk pribumi dipaksa menjadi budak dan hampir disapu bersih karena penyakit menular di Eropa. Penduduk yang tersisa itu dibebaskan oleh Raja Carlos I pada tahun 1520. Spanyol menguasai Puerto Rico lebih dari 400 tahun, meskipun upaya menguasai pulau itu dilakukan antara lain oleh Perancis, Belanda, dan Inggris.

Sekilas Suasana di Puerto Rico (Sumber:Videoblogga.com)


2. Kepulauan Virgin Amerika Serikat
Kepulauan Virgin Amerika Serikat adalah sebuah wilayah yang tidak tergabung milik Amerika Serikat di kawasan Karibia. Secara geografis, wilayah ini termasuk bagian dari Kepulauan Virgin. Kepulauan Virgin AS terdiri dari empat pulau utama: St. Thomas, St. John, St. Croix dan Water Island; dan pulau-pulau kecil lainnya. Total luas wilayah kepulauan ini mencapai 346,4 km2. Pada sensus 2000, penduduk kepulauan ini sebesar 108.612, sebagian besar disusun oleh orang-orang dari keturunan Afro-Karibia. Perekonomian utama kepulauan ini mengandalkan sektor pariwisata, meskipun ada sektor manufaktur lainnya yang cukup signifikan.

Sekilas Suasana di Kepulauan Virgin (Sumber:islandsity.com)

3. Samoa Amerika
Samoa Amerika juga disebut dengan Samoa Timur, adalah sebuah wilayah tak terorganisasi dan terpisah milik Amerika Serikat yang berada di bagian selatan dari Samudera Pasifik, atau di timur negara Samoa. Populasinya pada 2003 berjumlah 70.260 jiwa dengan kepadatan penduduk mencapai 353/km².


Sekilas Suasana di Pulau Samoa (Sumber: twyggy.net)
4. Guam
Teritori Guam adalah sebuah pulau di bagian barat Samudera Pasifik yang juga merupakan wilayah milik Amerika Serikat. Ibukotanya adalah Hagatna, dulunya Agana. Mayoritas ekonomi Guam berasal dari sektor pariwisata (90% turis berasal dari Jepang) dan juga pangkalan Tentara Amerika Serikat. Sebagai salah satu teritorial AS yang paling dekat dengan Garis Tanggal Internasional, Guam dijuluki sebagai “tempat di mana Amerika dimulai”, sehingga frase itu menjadi semboyan teritorial untuk pulau itu.

Sekilas Suasana di Pulau Guam (Sumber:Destination360.com)

5. Kepulauan Mariana Utara
Kepulauan Mariana Utara adalah sebuah persemakmuran yang bernaung pada sistem politik Amerika Serikat, menempati wilayah strategis di barat Samudera Pasifik. Kepulauan ini terdiri dari 15 pulau-pulau yang terbentang antara Hawaii ke Filipina. Luas total kepulauan ini mencakup 463,63 km2. Kepulauan Mariana Utara memiliki jumlah penduduk 80.362 jiwa (2005). Lebih dari 90% penduduk tinggal di pulau Saipan. Dari empat belas pulau-pulau lainnya, hanya dua pulau yang memiliki jumlah populasi terbanyak, yakni Pulau Tinian dan Pulau Rota. (**)

Sekilas Suasana di Kepulauan Mariana Utara (Sumber:apextravelplanning.com)
Sumber: www.wikipedia.org dari berbagai sumber, uniknya.com, 2011

VISITORS

Visit Country

free counters

coment in here

wibiya widget