5 Kejuaraan Balap Mobil Paling Bergengsi

Label: ,

Kejuaraan balap mobil pertama kali diselenggarakan di Paris pada tahun 1887, dimana jalan raya dijadikan sirkuitnya. Barulah pada tahun 1900 sirkuit balap pertama dibangun. Dan setelah itu, bermunculanlah kejuaraan balap mobil yang populer di seluruh dunia. Kejuaraan ini dikelola oleh organisasi bervariasi yang berbasis di negara tempat mereka beroperasi. Dalam kategori olahraga, balap mobil memiliki penggemar fanatiknya masing-masing. Di bawah ini adalah 5 daftar kejuaraan balap mobil yang paling bergengsi diadakan di seluruh dunia:

1. FIA Formula One World Championship

Kejuaraan yang satu ini merupakan kelas tertinggi diajang balap mobil. Mobil terbaik dan tercepat dari seluruh dunia, berpartisipasi dalam kejuaraan “jet darat” ini. Namanya Grand Prix, yang diselenggarakan pada sirkuit yang dibangun khusus atau di jalan umum. Atau disebut juga seri formula karena ada aturan tertentu yang ditetapkan untuk pembalap dan mobil mereka. Hanya peserta yang mengikuti aturan-aturan ini yang diizinkan untuk berpartisipasi. Memiliki penggemar yang sangat besar di seluruh dunia. Karena popularitas yang demikian besar, tak heran jika ajang ini berhasil mendapatkan sponsor besar untuk kegiatan setiap event balapnya.

FIA Formula One World Championship (Sumber: caradvice.com.au,uniknya.com)

2. FIA World Rally Championship

Kejuaraan Reli Dunia biasa disebut World Rally Championship atau disingkat WRC adalah seri balapan reli yang diorganisasikan oleh FIA, yang meliputi kejuaraan pembalap dan pabrikan mobil. Kejuaraan ini didirikan pada tahun 1973. Kejuaraan ini merupakan rangkaian kejuaran yang meliputi 2 sampai 4 hari gelaran dalam satu kali eventnya. Medan yang berat di beberapa belahan dunia, membuat kejuaraan ini dianggap sebagai tantangan besar bagisetiap pembalapnya.

FIA World Rally Championship (Sumber: rallybuzz.com,uniknya.com)

3. FIA WTCC World Touring Car Championship

Satu lagi kejuaraan balap mobil internasional. Kejuaraan pertama diadakan pada tahun 1987 yang diperkenalkan Eurosport. Seri kejuaraan ini berkembang sangat cepat dengan melibatkan banyak negara. Sekarang World Touring Car Championship atau biasanya disingkat WTCC merupakan sebuah kejuaraan balap mobil Internasional yang diorganisasikan oleh FIA. Kriteria penilaian didasarkan pada kejuaraan pembalap dan kejuaraan pabrikan manufaktur yang dinilai secara terpisah.

FIA WTCC World Touring Car Championship (Sumber: italiaspeed.com,uniknya.com)

4. Kejuaraan Balapan Mobil Amerika

Ajang ini adalah ajang balap mobil nasional di AS yang dinamakan American Championship Car Racing. Sedikit mirip dengan gelaran Formula 1, namun lebih dikenal sebagai Indycars. Yang membedakan dengan F1, mobil-mobil ini tidak mengaplikasi teknologi modern sebagaimana halnya F1, tapi jauh lebih longgar dan “murah” dalam rangka untuk meningkatkan partisipasi. Indianapolis 500 adalah salah satu peristiwa yang paling penting dari kejuaraan nasional.

Kejuaraan Balapan Mobil Amerika (sumber: orldrallysport.com,uniknya.com)

5. Le Mans Series
Le Mans Series (LMS) adalah sebuah seri balap ketahanan mobil sport Eropa yang diselenggarakan 24 jam di  Le Mans dan diadakan oleh Automobile Club de l’Ouest (ACO). Seri awalnya bernama Ketahanan Seri Le Mans, tapi berubah nama sebelum musim 2006. Mulai 2010, berganti menjadi seri kejuaraan dunia, yang disebut Piala Interkontinental Le Mans, di mana setiap pembalap harus bersaing dalam seri balapan di Amerika, Eropa dan Asia. (**)

VISITORS

Visit Country

free counters

coment in here

wibiya widget