5-kebenaran-di-balik-uniknya-sarang-semut-dari papua

Papua adalah bumi kebanggaan Negara Repulik Kesatuan Indonesia, sebuah pulau yang terletak di ujung barat negeri ini. Rimba lebat di bumi Papua tiada pernah berhenti memberikan manfaatkan kepada masyarakat Indonesia khususnya dan dunia pada umumnya. Salah satunya adalah sarang semut yang banyak dikabarkan mampu menyembuhkan beragam penyakit. Berikut adalah 5 kebenaran yang ditemukan dalam sarang semut dari Papua:


1. Pengobatan Tradisional Masyarakat Asli Papua
Masyarakat pribumi Papua menggunakan sarang semut sebagai obat multiguna yang mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit.  Dan setelah diteliti dengan menggunakan metode penelitian modern ditemukan kandungan senyawa aktif flavonoid, tokoferol, fenolik, dan mineral lainnya yang berfungsi sebagai antioksidan dan antikanker.

Pengobatan Tradisional Masyarakat Asli Papua (sumber gambar: blogspot.com)
2. Perilaku Semut yang Unik
Rupanya perilaku dan kebiasaan semut-lah yang menyebabkan sarang ini penuh dengan zat-zat berguna yang tidak dimiliki oleh sarang serangga lainnya. Sarang semut ini mengandung zat-zat yang sebenarnya terdapat pada tanaman dan mikroba lainnya. Sehingga membuat sarang mereka tahan dari serangan penyakit yang mampu mematikan telur-telurnya.

sarang semut (sumber gambar: blogspot.com)

3. Bukti Empiris sebagai obat
Sarang semut terbukti mampu menyembuhkan beragam penyakit ringan maupun berat seperti kanker dan tumor, asam urat, jantung koroner, wasir, TBC, migrain, rematik, dan leukemia.

gamabar sarang semut dalam tanah (Sumber gambar: statevaults.com)

4. Ekstrak Sarang Semut
Peneliti dari Institut Pertanian Bogor, Dr. M. Ahkam Subroto menyatakan bahwa ekstrak sarang semut dapat menghambat xanthine oxidase enzyme. Artinya ekstrak sarang semut bisa menurunkan asam urat dan memperbaiki fungsi ginjal.

Ekstrak Sarang Semut (Sumber gambar: wordpress.com)

5. Ada Gula Ada Semut
Kandungan antibodi semut terhadap senyawa gula sangatlah lengkap, sehingga mampu menetralisasi kandungan gula berlebihan. Sehingga  sarang semut merupakan lawan alami gula, sangat baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. (**)

Ada Gula Ada Semut (Sumber gambar: hehindu.com)

Sumber: Pikiran Rakyat, Uniknya.com, Juli 2011
 

VISITORS

Visit Country

free counters

coment in here

wibiya widget