5 Pelatih Brilian NBA

Label: ,

Berikut ini adalah 5 dari 10 pelatih paling briliant dalam sejarah bola basket Amerika (NBA). Pernah menukangi tim-tim besar hingga memperoleh kampiun jawara di beberapa musim. Baik sebagai mantan pemain maupun pelatih bola basket, namanya diabadikan dalam gelar bergengsi NBA, Naismith Basketball Hall of Fame. Dan berikut ulasannya:

1. Phil Jackson
Philip Douglas “Phil” Jackson adalah mantan pemain pada era 1970 dan juara NBA 1973 New York Knicks. Selain sebagai pemain, karier kepelatihanya dianggap sebagai salah satu pelatih terbesar dalam sejarah National Basketball Association (NBA). Reputasinya sebagai pelatih Chicago Bulls dari tahun 1989 sampai 1998, memenangkan enam gelar NBA. Tim berikutnya, Los Angeles Lakers, memenangkan lima gelar NBA 2000-2010. Secara total, Jackson telah memenangi 11 gelar NBA sebagai pelatih, melebihi rekor sebelumnya sebanyak sembilan oleh Red Auerbach. Dia memegang rekor untuk kejuaraan paling banyak dalam sejarah NBA sebagai pemain dan juga pelatih kepala. Dia juga adalah penulis beberapa buku ​​tentang tim dan strategi basket. Jackson juga penerima North Dakota Roughrider Award. Pada tahun 2007 nama Jackson terpilih ke dalam Naismith Basketball Hall of Fame. Pada tahun 1996, sebagai bagian dari perayaan untuk ulang tahun ke-50 National Basketball Association, Jackson ditetapkan sebagai salah satu dari 10 pelatih terbesar dalam sejarah liga.

Phil Jackson (Sumber: sports.popcrunch.com)

2. Red Auerbach
Arnold Jacob “Red” Auerbach adalah seorang pelatih basket Amerika dari Tri-Cities Blackhawks dan Boston Celtics. Setelah ia pensiun sebagai pelatih, ia menjabat sebagai presiden eksekutif Celtics sampai kematiannya. Sebagai pelatih, ia memenangkan 938 pertandingan (rekor pada saat pensiun nya) dan sembilan kejuaraan National Basketball Association (NBA). Sebagai manajer umum dan presiden tim Celtics, ia memenangkan tujuh gelar tambahan NBA, dengan total 16 dalam rentang 29 tahun, membuatnya salah satu pejabat tim paling sukses yang pernah ada dalam sejarah olahraga profesional Amerika Utara. Auerbach juga dikenang sebagai pelopor basket modern, dan salah satu juga yang diabadikan ke dalam Basketball Hall of Fame. Selain itu, Auerbach adalah pendobrak kultur para pemain yang sebelumnya didominasi oleh pemain berkulit putih. Dia membuat sejarah dengan menyusun daftar pemain Afro-Amerika pertama dalam skuad pemain NBA.

Red Auerbach (Sumber:glogster.com)

Red Auerbach (Sumber: typepad.com)

3. John Albert Kundla
John Albert Kundla adalah mantan pelatih basket profesional. Setelah musim 1946-47, Kundla menukangi  Minneapolis, kemudian bermain di Liga Bola Basket Nasional. Kundla terpilih sebagai salah satu dari 10 pelatih terbesar dalam sejarah NBA. Dalam 11 tahun pelatihan di BAA/NBA, dia mencatat rekor 423-302 di musim reguler dan 60-35 di babak playoff. Kundla ditetapkan dalam Naismith Memorial Basketball Hall of Fame pada tahun 1995.

John Albert Kundla (Sumber: latimes.com)

4. Pat Riley
Patrick James “Pat” Riley adalah mantan pemain dan pelatih di NBA. Saat ini, ia adalah tim presiden dari Miami Heat. Secara luas dianggap sebagai salah satu pelatih NBA terbesar sepanjang masa, Riley telah menjabat sebagai pelatih kepala dari lima tim yang berbeda. Dia mengantarkan Miami Heat pada 2006 lalu memenangkan NBA Championship. Sebelum masa jabatannya di Miami, ia menjabat sebagai pelatih kepala untuk Los Angeles Lakers dan New York Knicks. Dia menyabet gelar NBA Coach of the Year tiga kali (1989-90, 1992-93 dan 1996-97, masing-masing sebagai pelatih kepala Lakers, Knicks dan Heat). Dia adalah kepala pelatih tim All-Star NBA game sembilan kali: delapan tim Barat (1982, 1983, 1985-1990, semua sebagai pelatih kepala Lakers) dan sekali tim Timur (1993, sebagai pelatih kepala Knicks). Pada tahun 1996 ia diangkat salah satu dari 10 Pelatih Terbesar dalam sejarah NBA. Sebagai pemain ia bermain untuk tim juara Los Angeles Lakers pada tahun 1972, sehingga menorehkan total tujuh gelar NBA.

Pat Riley (Sumber: youvalley.com. uniknya.com)


5. Chuck Daly
Jerome Charles “Chuck” Daly adalah seorang pelatih kepala basket Amerika. Dia memimpin Detroit Pistons berturut-turut di National Basketball Association (NBA) Championships di tahun 1989 dan 1990, dan di Dream Team sampai meraih medali emas bola basket pria di Olimpiade 1992. Dia memiliki karir 14 tahun (musim) sebagai pelatih di NBA. Tim yang dilatihnya antara lain; Cleveland Cavaliers, Detroit Pistons, New Jersey Nets dan Orlando Magic. Dia mengumpulkan 564-379 (0,598) catatan karir, yang terbaik di antara 13 pelatih, terbaik kesembilan dengan persentase. Daly didiagnosis terkena kanker pankreas pada Maret 2009, sampai meninggalnya pada 9 Mei 2009 (pada usia 78). (**)

VISITORS

Visit Country

free counters

coment in here

wibiya widget