5 Tujuan Ziarah Literatur di Kota Paris

Suasana kafe teras menghadirkan keramahtamahan dan pemandangan kota Paris yang cantik mungkin menjadi salah satu pilihan para penulis luar-Prancis sebagai tempat pengasingannya selama beberapa tahun.  Paris yang dikenal sebagai kota yang bisa merangsang inspirasi karya mereka untuk kemudian menjadi jejak bagi para penulis lainnya. Sehingga sebutan Paris kota yang penuh inspirasi ini berlanjut sampai sekarang.  Berikut 5 tempat ziarah literatur di kota Paris, kota penuh inspirasi:

1. Apartemen James Joyce N o. 7, Rue Edmond Valentin.
James Joyce, penulis asal Irlandia. Joyce pernah tinggal di sini selama kurang lebih 10 tahun, selama  itu ia menulis Ulysses, salah satu karya modernis terkenal tentang kehidupan seorang pria biasa, Leopold Bloom. Ulysses diterbitkan oleh Sylvia Beach pada tahun 1922. Selama tinggal di sini, Joyce menjadi terkenal, ia menerima berbagai dana yang memungkinkan untuk berhenti mengajar dan berkonsentrasi penuh pada penulisan. Namun, pada saat yang sama, ia menjalani operasi mata di sini, namun usahanya gagal untuk memulihkan penglihatannya. Saat pendudukan Nazi di Paris pada tahun 1940, Joyces pindah ke Zurich, Swiss dan  meninggal di sana beberapa tahun kemudian.

James Joyce berada di toko buku Shakespeare & Company (sumber: sheilaomalley)


Apartemen James Joyce N o. 7, Rue Edmond Valentin (sumber: sheilaomalley)

2. Shakespeare  &  Company
Toko buku independen yang dikelola oleh Sylvia Beach seorang ekspatriat terkenal pada tahun 1919, terletak di Rue de la Bucherie.  Toko buku ini pernah pindah beberapa kali dan akhirnya menetap di dekatnya Rue de l’Odeon. Pada Desember 1941, toko ini ditutup karena Beach menolak untuk menjual salinan terakhir Finnegan’s Wake karya James Joyce kepada perwira Nazi menduduki. Pada tahun 1951, seorang kerabat dari Amerika bernama George Whitman membuka toko ini kembali dan mengelolanya, di lokasi ini.  Sepanjang tahun 1950-an, took buku dikunjungi oleh penulis terkenal dari Beat Generation, termasuk Allen Ginsberg dan William S. Burroughs. Saat ini, toko ini menyediakan penginapan gratis untuk para penulis yang sengaja mengunjungi Paris, dengan imbalan beberapa jam bekerja di toko buku.

(sumber: Audio Work : Literary Paris)

3. L’Hôtel
L’ Hôtel (diterjemahkan sebagai ” The Hotel“) adalah salah satu landmark sastra paling terkenal di Paris. Saat pengasingannya penulis asal Irlandia, Oscar Wilde pernah meninggal di hotel ini tepatnya kamar 16, dan dimakamkan di pemakaman Père Lachaise. Meskipun kata-kata terkenal yang terakhir kemungkinan berhubungan dengan dekorasi ruangan hotel ini (“Either this wallpaper goes or I do”), perdebatan ini diakhiri dengan kemungkinan ia ingin berkata “I am dying beyond my means,” sebuah permainan ekspresi untuk mengomentari harga hotel tersebut. Hotel kelas atas ini terletak di jantung kuartal Saint-Germain-des-Près. Jorge Luis Borges, penulis Argentina yang terkenal, memberikan penghormatan kepada penulis favoritnya ketika ia tinggal di sini selama beberapa tahun di 1970-an dan 1980-an

(sumber: Audio Work : Literary Paris)
.
4. Café de Flore
Sekitar sudut di Les Deux Magots dan di seberang jalan dari Brasserie Lipp, dua restoran favorit Ernest Hemingway di Paris, Café de Flore juga hotspot sastra sepanjang abad kedua puluh – dan, mengejutkan, sampai saat ini. Simone de Beauvoir dan Jean Paul Sartre pernah menghabiskan waktunya di kafe ini, menulis dan berdebat sambil minum kopi selama berjam-jam. Selebriti sering mengunjungi Flore, yang memiliki suasana yang indah dan staff yang ramah. Luangkan waktu sejenak dan duduk untuk minum kopi atau segelas limun di teras kafe sambil melihat para penduduk Paris melewati Boulevard Saint Germain yang terletak di dekat kafe.  Sisakan anggaran lebih besar untuk mengunjungi kafe ini karena minuman di sini lebih mahal daripada kafe di sekitarnya.

(sumber: Audio Work : Literary Paris)

5. The Village Voice Bookstore
Perhentian terakhir dalam ziarah sastra kota Paris ini adalah toko buku The Village Voice letaknya tidak jauh dari Café de Flore yang sampai saat ini menjadi salah satu pusat dunia sastra Anglophone. Di kota novel bahasa Inggris dapat memiliki dengan harga yang tidak wajar, tetapi toko buku ini menawarkan harga yang wajar dan terjangkau baik untuk buku terlaris, buku panduan, novel klasik, dan non-fiksi (di lantai atas). Toko buku juga menjadi tuan rumah pembacaan dan acara sastra lainnya, sering beberapa kali dalam setiap bulannya. Anda dapat menemukan jadwal acara mereka di website mereka. Hanya pastikan untuk datang lebih awal pada saat penulis terkenal akan datang, karena David Sedaris pernah membuat antrian panjang sampai ke jalan saat toko buku ini mengundangnya.

(sumber: Audio Work : Literary Paris)

Source : Audio Work : Literary Paris, 2011

VISITORS

Visit Country

free counters

coment in here

wibiya widget