(patut di tiru) Malaysia Bantu Pendidikan Kaum Muslimin Vietnam

Malaysia Bantu Pendidikan Kaum Muslimin Vietnam
Lembaga swadaya masyarakat dan sejumlah perusahaan Malaysia bekerja sama untuk membantu kaum Muslimin di Vietnam, untuk meningkatkan standar hidup mereka.
Konsul Jenderal Malaysia di Vietnam, Khairi Omar mengatakan, LSM dan perusahaan Malaysia memberi bantuan dalam bidang pendidikan, dengan memberikan beasiswa bagi muslim Vietnam untuk kuliah di perguruan tinggi di Negeri Jiran.
Menurut Khairi, jumlah muslim di Vietnam hanya 5 persen dari total penduduk negeri itu. Salah satu wilayah di Vietnam yang cukup banyak komunitas muslimnya adalah Distrik 8 di Ho Chi Minh City, ibukota Vietnam yang dulu dikenal dengan Saigon.
Sedikitnya terdapat 1.300 muslim yang tinggal di distrik itu, dengan fasilitas lengkap, seperti restoran halal, masjid besar dan sebuah madrasah. Kebanyakan muslim Vietnam biasanya memang melanjutkan studinya ke Malaysia.
Selain di ibukota, komunitas Muslim Vietnam juga tersebar di wilayah bagian selatan dan tengah negeri itu, yang masih didominasi oleh penganut Budha.
Komunitas Muslim di Vietnam bisa dibilang berkembang pesat dan meski pemerintah negeri itu memberlakukan kontrol ketat terhadap kehidupan beragama di negeri itu. Meski demikian, di Ho Chi Minh City saja, terdapat sekitar 16 masjid yang pembangunannya dibiayai oleh pemerintahan sejumlah negeri muslim dan organisasi muslim internasional. (em)

VISITORS

Visit Country

free counters

coment in here

wibiya widget